PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA NEGERI 1 SELAKAU
Keywords:
pembelajaran, pendekatan berdiferensiasi, hasil belajar, fisikaAbstract
SMA Negeri 1 Selakau merupakan salah satu Sekolah Menengah yang memiliki komitmen kuat terhadap peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran di tingkat lokal. Sehingga kami selaku guru di sekolah tersebut melakukan strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif, terutama dalam mata pelajaran fisika, menjadi krusial untuk memastikan pencapaian hasil belajar yang optimal bagi para siswa kelas X. Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu strategi dalam proses belajar mengajar yang bertujuan dapat memenuhi kebutuhan proses belajar yang beragam dari setiap peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan metode tinjauan pustaka (literature review). Tujuan dari kajian pusta ini adalah menganalisis penerapan model pembelajaran diferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik. Penerapan pendekatan berdiferensiasi juga meningkatkan keterlibatan siswa secara keseluruhan, metode yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa dan sesuai dengan gaya belajar, sehingga memotivasi mereka untuk belajar lebih giat, karena mereka dapat melihat relevansi dari apa yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Secara keseluruhan, penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata Pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Selakau memberikan banyak manfaat yang signifikan. Dengan pengakuan akan perbedaan individual siswa dan pengaturan pembelajaran yang sesuai, pendekatan ini memberikan peluang bagi setiap siswa untuk berkembang secara maksimal sesuai dengan potensinya masing-masing. Dengan pemantauan yang cermat dan pengembangan strategi yang tepat, pembelajaran berdiferensiasi dapat terus menjadi kunci untuk meningkatkan hasil belajar siswa.