MIND MAPPING MENARIK, HASIL BELAJAR SISWA MENINGKAT
Keywords:
Mind Mapping, model, meningkatkan, hasil belajarAbstract
Mind Mapping merupakan teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan”. Hal ini berarti bisa dikatakan bahwa Mind Mapping model pembelajaran yang memanfaatkan instrumen yang dapat membantu memetakan isi atau materi sehingga lebih mudah dipelajari dan dianalisis, membantu individu agar mampu menempatkan informasi ke dalam suatu sistem kognisi dan mengeluarkannya kembali (recall) untuk dimanfaatkan sebagai dasar pengetahuan. Mind Mapping dihasilkan dari perpaduan antara pola berpikir lurus dan pola berpikir memancar, kegunaan Mind Mapping dalam rangka mengembangkan kemampuan motorik halus anak, mengembangkan kemampuan motorik halus anak banyak yang terfokus kepada hasil akhir, yaitu agar anak cepat menulis. Padahal yang lebih penting adalah proses perangsangan jalur-jalur syaraf otak anak sendiri. Apabila kita mampu memberikan rangsangan yang tepat maka otak anak akan berkembang pesat dan mampu berpikir lebih cepat. Mind Mapping sendiri memiliki tiga jenis, yakni: Mind Map Silabus yang membantu memberikan gambaran tentang apa yang dipelajari dan biasanya dibuat dengan ukuran besar dan ditempel di dinding, kemudian ada Mind Map Bab dibuat berdasarkan rangkaian bab yang telah dipelajari, namun harus diringkas poin penting atau garis besarnya saja untuk mudah mengingatnya, selanjutnya ada Mind Map Paragraf memberikan informasi secara lengkap karena selain bisa melihat ringkasan setiap bab, bisa juga mengetahui detail penjelasannya.