PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 5 SELAKAU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

Authors

  • Kurniawati Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Selakau

Keywords:

peningkatan, hasil, belajar, talking stick

Abstract

Salah satu bagian yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah hasil belajar. Hal ini disebabkan karena hasil belajar merupakan salah satu parameter untuk mengetahui seberapa jauh pencapaian kompetensi yang ditentukan dalam pelaksanaan belajar mengajar. Setelah melewati proses pembelajaran, siswa akan mengetahui kemampuannya melalui hasil belajar. Hasil belajar siswa tidaklah mudah untuk ditingkatkan. Guru harus bisa menciptakan kondisi belajar mengajar yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Guru dituntut untuk mempelajari dan melaksanakan strategi mengajar yang bervariasi supaya hasil belajar siswa meningkat. Penggunaan strategi mengajar yang selalu sama akan berpengaruh pada rendahnya aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh tidak maksimal. Selain itu, siswa menjadi tidak semangat dalam belajar apabila metode pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan materi yang disampaikan. Model pembelajaran talking stick merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan bantuan tongkat. Siswa yang memegang tongkat akan mendapatkan jatah atau giliran untuk mengemukakan pendapat atau menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi Pelajaran.

Downloads

Published

2024-08-10