MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DENGAN GEW (GAME EDUKASI WORDWALL)
Keywords:
pembelajaran, matematika, game, wordwallAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan game interaktif berbasis wordwall sebagai media pembelajaran matematika terhadap pemahaman siswa dan meningkatkan minat belajar. Dengan menerapkan sebuah perangkat yang sudah ada untuk dijadikan inovasi sebagai media belajar yang relevan dan mengedukasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan dan keefektifan produk tersebut. Dengan pengembangan melalui beberapa tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner) yang dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif dengan dengan siswa sebagai responden untuk mengetahui penggunaan game interaktif wordwall sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasilnya melalui penilaian ahli materi dan ahli media yang mendapatkan tanggapan Sangat Baik, sehingga inovasi dengan penggunaan game interaktif berbasis wordwall layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian diperoleh juga hasil penilaian dari angket responsi siswa SDN 07 Sepinggan Gelik-Kabupaten Sambas, dengan Hasil yang diperoleh ketika menggunakan GEW dalam proses pembelajaran matematika adalah: (1) pembelajaran matematika yang menyenangkan; (2) peningkatan motivasi belajar siswa; dan (3) peningkatan hasil belajar matematika dari rata-rata 32,35 menjadi 87,05 (peningkatan sebesar 54,7, yang bisa dikategorikan Sangat Baik atau Sangat Setuju karena senang dan tertarik dengan adanya inovasi pembelajaran matematika. Hal ini dapat diartikan bahwa dengan pemanfaatan media game interaktif siswa dapat memiliki minat belajar dan mudah untuk memamahi materi.