MERANCANG DAN MEMBUAT KEYAKINAN KELAS BERSAMA SISWAKELAS IXC SMP NEGERI 1 PALOH DEMI TERWUJUDNYA BUDAYA POSITIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH SERTA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Keywords:
keyakinan, Bersama, budaya fositif, kualitas pembelajaranAbstract
ABSTRAK
Di era modernisasi sekarang ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan sangat pesat yang dapat berdampak positif dan negatif bagi kehidupan. Dalam lingkup pendidikan, globalisasi sangat berperan penting dalam kemajuan pendidikan. Namun disisi lain era globalisasi dan kemajuan teknologi juga dapat berdampak negatif diantaranya yaitu adanya perilaku buruk yang didapat peserta didik dari situs - situs media sosial seperti buly,dan lain sebagainya, terkikisnya nilai kebajikan dalam peserta didik yang menyebabkan didik sering malanggar peraturan yang ada di kelas maupun sekolah, 1) positif, di dalamnya mengandung sejumlah kegiatan yang mampu menumbuhkan karakter positif murid sehingga nantinya murid memiliki nilai-nilai kebajikan universal dan memiliki dimensi-dimensi yang ada dalam profil pelajar pancasila, 2) Strategi untuk menciptakan budaya positif di lingkungan kelas dan sekolah salah satunya adalah dengan membuat keyakinan kelas yang melibatkan guru dan peserta didik, 3) Keyakinan kelas lebih efektif untuk dijalankan dan dilaksanakan daripada peraturan karena keyakinan kelas melibatkan peserta didik dalam menyusun, membuat, merancang, dan mensepakatinya. Sedangkan peraturan merupakan sebuah aturan tertulis yang sudah jadi tanpa melibatkan peserta didik sehingga seakan akan peraturan merupakan sebuah kata tanpa makna yang mudah untuk tidak dijalankan oleh peserta didik, 4) 'keyakinan', yaitu nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati secara tersirat dan tersurat, lepas dari latar belakang suku, negara, bahasa maupun agama.