PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI RUKUN ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TEBAR KUNLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 MIS ISLAMIYAH MERABUAN
Keywords:
pembelajaran, fiqih, media, kunlam, hasil belajarAbstract
Guru, dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar, sering kali dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Hal ini ditunjukkan dengan sering terdapat situasi belajar yang kurang menyenangkan karena kurangnya inovasi guru dalam mencoba menerapkan media dan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kurangnya inovasi guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik juga terjadi di MIS Islamiyah Merabuan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Adapun media pembelajaran yang digunakan yaitu media Tebar Kunlam. Media Tebar Kunlam merupakan akronim dari Tebak gambar Rukun Islam. Media Tebar Kunlam adalah media pembelajaran inovatif yang berisikan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi 5 Rukun Islam. Dalam proses pembelajarannya, media pembelajaran Tebar Kunlam diberikan kepada peserta didik untuk dicari gambarnya yang terkait dengan rukun-rukun Islam. Media pembelajaran ini merupakan media inovasi dari peneliti untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 1 MIS Islamiyah Merabuan dalam belajar Rukun Islam. Penggunaan media Tebar Kunlam dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dimana skor rata-rata untuk afektif berkarakter naik dari 79,17% pada siklus I menjadi 82,46% pada siklus II dan afektif sosial naik dari 75,00% pada siklus I menjadi 89,14% pada siklus II.