MEMBANGUN KELAS YANG KONDUSIF DENGAN SERSANLUPA
Keywords:
membangun, kelas, kondusif, teknik, sersanlupaAbstract
Komunikasi yang efektif diperlukan saat pembelajaran berlangsung, saat berdiskusi, menangapi dan memberikan pertanyaan. Bukan saja kemampuan berbicara untuk menampaikan pesan, tetapi kemampuan untuk mendengarkan secara aktif dan mengambil makna dari setiap pembicaraan. Oleh karena itu guru perlu meningkatkan kemampuan siswa berempati serta fokus terlibat saat belajar, untuk itu di perlukan slogan /motto. Sikap saling menghargai/empati murid masih perlu di tingkatkan. Saat pembelajaran masih ada siswa yang tidak mendengarkan dengan aktif, sibuk sendiri , menjahili siswa lain, mengantuk bahkan sampai tertidur, tidak merespon dan kegiatan lain. Ketika guru memberikan instruksi terlihat belum semua siswa memperhatikan. Pada saat aktivitas berdiskusi, siswa belum sepenuhnya mendengarkan temannya yang sedang pemaparan. Maka di perlukan teknik SERSANLUPA untuk mengkondusifkan kelas dan melatih kemampuan mendengar dengan aktif sekaligus menebalkan sikap menghargai sebagai bagian dari kemampuan berempati. Dengan slogan /motto sersanlupa dapat merangsang semangat dan minat untuk menjalani proses pembelajaran, dimana sersanlupa menekankan pada proses sehingga pengetahuan dan pengembangan diri dapat terwujud. Fleksibel dalam penggunaannya serta dapat masuk dalam semua kondisi siswa.