UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEJUMLAHAN BERSUSUN BILANGAN DUA ANGKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DRIIL DI KELAS II (Dua) SDN 07 SASAK

Authors

  • Yanuar Sekolah Dasar Negeri 07 Sasak-Kabupaten Sambas

Keywords:

meningkatkan, hasil belajar, matematika, metode, drill

Abstract

Matematika di pandang sebagai pelajaran struktur, klasifikasi struktur, relasi-relasi dalam struktur dan mengklasifikasikan relasi-relasi dalam struktur (teori belajar Dienese). Dienese merupakan salah satu matematikawan yang memusatkan perhatiannya pada cara-cara pengajaran terhadap anak-anak. Dasar teorinya bertumpu pada teori peaget dan pengembangannya di orientasikan pada anak-anak sedemikian rupa sehingga sistem yang di kembangkannya itu menarik bagi anak yang mempelajari matematika. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi penjumlahan bersusun bilangan dua angka menggunakan metode Driil di kelas II (Dua) SDN 07 Sasak di anggap sudah efektif karena dapat memberikan dampak yang sangat besar terhadap pemahaman peserta didik dalam menerima materi pembelajaran sehingga mampu  peningkatkan hasil belajar peserta didik.  Penggunaan media audio visual dan media realia berupa permen, biji karet,lidi kelapa dan kelereng sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran terbukti mampu menarik perhatian dan menumbuhkan minat belajar peserta didik sehingga membuat mereka lebih aktif pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran dan dapat memahami materi dengan baik.

Downloads

Published

2024-08-10