PENDEKATAN TPACK, MINAT BELAJAR
Keywords:
teknologi, pendekatan TPACK, minat belajarAbstract
Pemanfaatan TIK pada Kurikulum Merdeka ini sangat penting untuk diterapkan oleh para pengajar. Dalam peralihan setelah masa pandemi menuju perkembangan era Society 5.0, perubahan dari era revolusi industri 4.0 memiliki tujuan untuk menjadikan pembelajaran menyenangkan dan lebih mudah dipahami oleh peserta didik dan memudahkan proses pembelajaran. Hal tersebut juga memberikan manfaat bagi peserta didik dalam menghadapi perkembangan teknologi. Teknologi dan kemajuannya yang pesat sangat membantu dalam proses belajar mengajar guru dalam menyampaikan materi ajar. Kemajuan teknologi memberikan pengaruh besar bagi dunia pendidikan. Teknologi yang ada membuat metode pendidikan yang dipakai lebih fleksibel dan praktis. Dengan adanya teknologi, guru dan peserta didik menjadi lebih terfasilitasi dalam kegiatan belajar mengajarnya dan dapat mengerjakan segala sesuatunya menjadi lebih cepat, mudah, serta efisien. Berdasarkan data yang diperoleh berupa angket minat belajar peserta didik, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TPACK dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS Kelas V SDN 20 Sungai Tibarau. Minat belajar peserta didik sebelum penerapan pendekatan TPACK sebesar 60,83%. Sedangkan sesudah penerapan pendekatan TPACK sebesar 91,67%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar peserta didik sebesar 30,83%.