PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS)

Authors

  • Wafida Wafida MAN IC Sambas

Keywords:

Instrumen, Penilaian, Higher Order Thingking Skills

Abstract

Dengan semakin kompleknya tuntutan akan guru yang berkualitas dan professional maka pengembangan professional guru harus menjadi perhatian sekolah/madrasah. Satuan pendidikan harus mampu menyiapkan siswanya beradabtasi dengan perkembangan teknologi abad 21. Kompetensi   yang harus dimiliki pada abad ini antara lain: berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi dan metakognisi. Untuk memperoleh kemampuan tersebut, guru sebagai ujung tombak keberhasilan pembelajaran dalam kelas harus memiliki kompetensi    untuk menerjemahkan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Kurikulum 2013 mengharuskan pendidik menjadi pembelajar seumur hidup untuk menyerap pengetahuan dan pengalaman dibidang pendidikan yang terus berkembang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu kompetensi penting dalam dunia modern, sehingga wajib dimiliki oleh setiap peserta didik.  Untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dimulai dari kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal berbasis Higher Order Thingking Skills, oleh karenanya pendidik dituntut mahir dalam menyusun instrument penilaian berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS).

Downloads

Published

2020-10-30