PERSEPSI SISWA MAN INSAN CENDEKIA SAMBAS TENTANG PENGARUH KELANCARAN DALAM MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP JUMLAH HAFALAN AL-QUR’AN

Authors

  • Nur Ummi Tenaga Pendidik Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat
  • Taufiqurahman Tenaga Pendidik Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat

Keywords:

Persepsi, Pengaruh Kelancaran Membaca Alquran, Alquran Hafalan

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Persepsi Mahasiswa MAN Insan Cendekia Sambas Tentang Pengaruh Kelancaran Membaca Alquran Terhadap Jumlah Hafalan Alquran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kefasihan siswa MAN Insan Cendekia Sambas dalam membaca Alquran, mengetahui dan mendeskripsikan persepsi siswa MAN Insan Cendekia Sambas tentang pengaruh kelancaran membaca Alquran. tentang jumlah hafalan Alquran, dan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan santri MAN Insan Cendekia Sambas tentang hukum membaca Alquran. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan analisis kuantitatif berupa persentase jumlah siswa yang menjawab pertanyaan yang diajukan dalam angket. Responden dalam penelitian ini adalah lima siswa perwakilan dari masing-masing kelas 10 dan kelas 11 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 40 siswa. Pemilihan responden didasarkan pada latar belakang pendidikan responden
terakhir, sehingga 50% berasal dari sekolah menengah pertama negeri dan 50% dari sekolah berbasis agama Islam seperti MTs atau pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (92%) berpendapat bahwa kefasihan membaca Alquran mempengaruhi daya hafalan siswa. Sebagian besar beralasan hal itu bisa terjadi karena dengan kelancaran
membaca Alquran lebih mudah menghafal Alquran sehingga jumlah hafalannya bisa bertambah. Namun sebagian kecil siswa (8%) berpendapat bahwa kefasihan membaca Alquran tidak mempengaruhi jumlah siswa dalam menghafal. Mereka beralasan bahwa banyak metode menghafal yang bisa digunakan, salah satunya dengan mendengarkan Murottal Al-Qur'an (metode Sima'i). Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa berpendapat bahwa kefasihan dalam menghafal Alquran mempengaruhi jumlah hafalannya.

Downloads

Published

2021-02-09