PELAKSANAAN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KELENGKAPAN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN GURU MIN 1 KETAPANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Supriadi MIN 1 Ketapang

Keywords:

Supervisi, administrasi pembelajaran

Abstract

Pelaksanaan Supervisi Kunjungan Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Kelengkapan
Administrasi Pembelajaran Guru MIN 1 Ketapang Tahun Pelajaran 2020/2021” Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan kelengkapan administrasi pembelajaran
guru Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ketapang pada Semester Genap Tahun Pelajaran
2020/2021. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari 2 siklus,
dengan bantuan lembar observasi, dengan subjek penelitian 34 orang, terdiri dari guru kelas
dan guru mata pelajaran.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Berdasarkan hasil penelitian terkait dengan kelengkapan administrasi pembelajaran
guru pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 diperoleh hasil sebagai berikut yaitu
pada kondisi awal sebelum dilaksanakan supervisi diperoleh rata-rata 53% dengan kriteria
nilai Kurang. Selanjutnya, pada kondisi siklus I diperoleh rata-rata 71% dengan kriteria nilai
Cukup, sedangkan pada kondisi siklus II diperoleh rata-rata 84% dengan kriteria nilai Baik.
Adapun rata-rata peningkatan kelengkapan administrasi pembelajaran guru dari kondisi
awal kepada kondisi siklus I adalah 18% sedangkan dari kondisi siklus I ke siklus II 13%
dengan rata-rata total peningkatan sebesar 31%.

Downloads

Published

2022-01-14